PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP
VOLUME PENJUALAN MOTOR YAMAHA DI DEALER LAUTAN TEDUH, BANDAR JAYA
Dosen Pengampu : Dra. Hj. Maryatun, M.M.
PROPOSAL
Diajukan sebagai salah satu syarat
penyelesaian tugas proposal mata kuliah Seminar Pendidikan
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, sumber segala kasih yang
senantiasa memberikan kasih dan
rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini dengan judul
“PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOTOR YAMAHA DI DEALER LAUTAN
TEDUH, BANDAR JAYA.
Penyusunan
proposal ini bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam
menyelesaikan tugas mata kuliah seminar.
Dalam
menyelesaikan proposal ini penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.
Ibu
Dra. Maryatun, M.M. selaku dosen pembimbing yang
banyak memberikan arahan dalam penulisan proposal ini.
2.
Rekan-rekan
mahasiswa dan semua pihak yang telah memberikan banyak bantuan moril dan
motivasi selama penyelesaian penulisan skripsi ini.
3.
Orang tua yang selalu mendoakan dan
memberikan semangat untuk menyelesaikan tugas ini.
Kritik dan saran senantiasa penulis harapkan kepada
semua pihak pembaca demi perbaikan dan kesempurnaan dimasa yang akan datang
sekiranya semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Metro, 15
Mei 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA
PENGANTAR.................................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................. 1
A. Latar
Belakang......................................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah.................................................................................................... 2
C.Tujuan
Penelitian..................................................................................................... 3
D. Kegunaan
Penelitian................................................................................................. 3
E. Asumsi
Penelitian................................................................................................... 3
F. Ruang Lingkup
Penelitian......................................................................................... 3
G. Definisi
Operasional / Variable
Penelitian................................................................. 4
1. Variabel
Penelitian....................................................................................... 4
1.1. Variabel Dependen.............................................................................. 4
1.2. Variabel
Independen............................................................................ 4
2. Definisi
Operasional...................................................................................... 4
BAB II TINJAUAN
PUSTAKA................................................................................. 5
A. Pustaka yang Menyangkut Variabel
Penelitian........................................................... 5
1. Tinjauan
Tentang Citra Merek...................................................................... 5
1.1. Pengertian
Merek (Brand)......................................................................... 5
1.2. Pengertian Citra Merek (Brand Image)......................................... 5
1.3.
Faktor-Faktor Yang
Membentuk Citra Merek........................... 7
2.
Tinjauan Tentang Volume Penjualan............................................................ 7
2.1. Pengertian
Volume Penjualan.......................................................... 7
2.2. Faktor-faktor yang mempengaruhi
penjualan............................ 9
B.
Kaitan Antar Variabel............................................................................................... 11
1. Hubungan Citra Merek dengan
Volume Penjualan................................ 11
2. Penelitian Terdahulu.................................................................................... 13
C.
Kerangka Pikir dan
Paradigma................................................................................ 14
1.
Kerangka Pikir.............................................................................................. 14
1.1. Kerangka Anggapan Dasar............................................................. 15
1.2. Kerangka
Analitik.......................................................................... 16
2.
Paradigma..................................................................................................... 16
D.
Hipotesis................................................................................................................... 17
BAB III METODOLOGI PENELITIAN................................................................... 18
A. Daerah
dan Waktu Penelitian.................................................................................. 18
B. Metode Pengumpulan
Data...................................................................................... 18
C. Jenis dan Sumber
Data............................................................................................ 18
1.
Jenis
Data.................................................................................................... 18
2.
Sumber
Data.................................................................................................... 18
D. Populasi danSampel................................................................................................. 19
1. Populasi.......................................................................................................... 19
2.
Sampel.............................................................................................................. 19
E. Metode Analisis........................................................................................................ 19
1. Analisis Regresi Linear
Sederhana................................................................. 19
F. Pengukuran Kemantapan Alat Pengumpul Data...................................................... 20
1. Uji
Homogenitas............................................................................................. 20
2. Pengujian
Hipotesis......................................................................................... 21
2.1. Pengujian secara parsial
(Uji t)............................................................... 21
DAFTAR
PUSTAKA...................................................................................................... 22
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perubahan teknologi yang sangat cepat dan pengetahuan
masyarakat yang semakin meningkat serta selera konsumen yang senantiasa
berubah, membuat persaingan bisnis semakin tajam, baik di pasar domestik ( nasional ) maupun di pasar internasional
( global ). Kondisi ini memaksa
perusahaan-perusahaan untuk dapat melakukan berbagai cara maupun strategi untuk
bisa memenangkan persaingan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah
menyangkut konsep pemasaran, yaitu perusahaan harus dapat membangun suatu
sistem pemasaran yang paling tepat yang diharapkan mampu menciptakan
keungggulan kompetitif yang lebih dari pesaingnya.
Salah satu jenis usaha yang
mengalami persaingan yang sangat ketat saat ini adalah sektor otomotif khususnya
kendaraan roda dua, disebabkan oleh tingginya minat masyarakat terhadap produk
tersebut. Berbagai kemajuan dalam model, desain, kecanggihan teknologi mesin,
kualitas, aksesoris dan konsumsi bahan bakar dari sepeda motor menjadi
pertimbangan penting konsumen sebelum melakukan pembelian.
Lautan Teduh dealer
yang berada di Bandar Jaya, menjual berbagai
jenis sepeda motor Yamaha.
Adapun sepeda motor yang dijual antara lain : Vega R, Mio J, Mio Soul, Mio Automatic, Mio Vino, Jupiter Z, Jupiter MX,
Byson, Vixion, Scorpio.
Image
Yamaha sebagai motor yang
memiliki spesialisasi yang tinggi memang sudah sejak awal merek ini berdiri, Yamaha merupakan motor
yang meluncurkan motor ber-cc
besar di Jepang. Sejak awal kehadirannya di Tanah Air, dengan selalu
mengedepankan performa dan kualitas, Yamaha
juga sukses mencapai citra sebagai merek andalan di pasaran Indonesia dan terus
memperkuat citra tersebut dengan selalu memenuhi keinginan para penggemar
sepeda motor.
Dalam hubungannya dengan uraian
tersebut di atas dapat disajikan data volume penjualan sepeda
motor Yamaha untuk tahun 2008 - 2012 yang dapat dilihat
pada tabel 1 yaitu sebagai berikut :
Tabel
1.1 Data Volume Penjualan Motor Yamaha
Tahun 2008
– 2012
Tahun
|
|
Volume Penjualan
|
|
|
(Unit)
|
2008
|
2.304
|
|
2009
|
3.019
|
|
2010
|
4.562
|
|
2011
|
6.289
|
|
2012
|
8.763
|
|
Sumber
: pra survei Lautan Teduh Dealer,
motor yamaha
|
Berdasarkan uraian
di atas maka penulis tertarik unuk mengetahui seberapa kuat pengaruh
Citra Merek ( brand image ) terhadap volume penjualan motor
dan peneliti membatasinya dengan memilih produk
sepeda motor Yamaha
sebagai objek penelitian.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah
diatas maka yang menjadi masalah dalam penelitian
ini adalah:
“Masih
rendahnya volume penjualan motor Yamaha di Dealer
Lautan Teduh, Bandar Jaya.
Dari masalah diatas maka rumusan
masalahnya adalah: “Apakah ada pengaruh
citra merek
( brand image ) terhadap volume penjualan motor
yamaha di Dealer
Lautan Teduh, Bandar Jaya.
Dari rumusan masalah diatas penulis
mengangkat judul: “Pengaruh Citra Merek Terhadap Volume Penjualan Motor Yamaha
di Dealer Lautah Teduh, Bandar Jaya”.
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah : Untuk mengetahui pengaruh citra
merek (brand image) terhadap volume
penjualan motor yamaha di Dealer Lautan Teduh, Bandar Jaya.
D.
Kegunaan
Penelitian
Adapun kegunaan yang diharapkan dari hasil
penelitian ini adalah: Dengan
mengetahui pengaruh citra
merek (brand image) terhadap volume
penjualan motor yamaha di Dealer Lautan Teduh, Bandar Jaya maka dapat menambah pengetahuan dan wawasan
penulis.
E.
Asumsi Penelitian
Asumsi
atau anggapan dasar merupakan
suatu pendapat atau kesimpulan. Menurut pendapat Arikunto (2006:65) bahwa asumsi
atau tanggapan dasar adalah sebuah titik tolak pemikiran yang kebenarannya diterima
oleh penyelidik. Dengan demikian,keputusan
tentang masalah merupakan asumsi bagi seseorang peneliti sebelum dikukuhkan
bahwa asumsi adalah anggapan dasar tentang kebenaran suatu fakta yang tidak
perlu dibuktikan lagi.
Dalam
penelitian ini terdapat 2 variable
yaitu Citra Merek (X) dan volume penjualan (Y). Berdasarka hal tersebut penulis
mengajukan asumsi bahwa citra merek ada
pengaruhnya terhadap volume penjualan motor yamaha.
F. Ruang lingkup
penelitian
1. Objek
penelitian ini adalah:
a.
Citra Merek
(X)
b.
Volume penjualan
(Y)
2.
Subjek penelitian : Dealer motor di Bandar Jaya
3.
Sifat penelitian : eksperimen
4.
Tempat penelitian : Bandar Jaya
5.
Waktu penelitian : tahun 2013
G.
Definisi Operasional / Variable Penelitian
1. Variabel Penelitian
Variabel
adalah konsep yang dapat diukur dan memiliki
variasi hasil pengukuran. Sedangkan variabel penelitian adalah sesuatu hal yang berbentuk
apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh
informasi tentang hal tersebut dan kemudian ditarik kesimpulannya.
1.1. Variabel Dependen
Variabel dependen atau variabel terikat, adalah variabel yang
dipengaruhi atau yang menjadi akibat dari adanya variabel independen atau
variabel bebas. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah volume penjualan yang dilambangkan dengan Y.
1.2. Variabel Independen
Variabel independen atau variabel bebas, adalah variabel yang mempengaruhi
variabel dependen,. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah citra merek yang dilambangkan dengan X.
2. Definisi Operasional
Definisi operasional variabel penelitian adalah batasan atau
spesifikasi dari variabel-variabel penelitian yang secara konkret berhubungan
dengan realitas yang akan diukur. Adapun batasan atau
definisi operasional variabel yang diteliti adalah:
a.
Variabel
Independen dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
Indikator citra merek :
Ø citra pemakai,
Ø kesan profesional,
Ø kesan modern,
Ø populer / terkenal.
b.
Variabel
Dependen dalam penelitian ini yaitu volume penjualan
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.
Pustaka
yang Menyangkut Variabel Penelitian
1.
Tinjauan Tentang Citra Merek
1.1. Pengertian
Merek (Brand)
Merek adalah salah satu atribut
yang sangat penting dari sebuah produk yang penggunaannya pada saat ini sudah
sangat meluas karena beberapa alasan, dimana merek suatu produk berarti
memberikan nilai tambah produk tersebut.
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika
yang dikutip oleh Kotler dan kemudian Di alihbahasakan oleh Bejamin Molan
(2007;332), yaitu :
Merek adalah nama,
istilah, tanda, simbol, atau rancangan atau kombinasi dari semuanya, yang
dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau kelompok
penjual dan untuk mendiferensiasikannya dari barang atau jasa pesaing.
Sedangkan
menurut UU MEREK No. 15 Tahun 2001 pasal 1 ayat 1 yang dikutip oleh Tjiptono mengenai pengertian merek (2005;2)
adalah :
Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata,
huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur
tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan
barang atau jasa.
Dari
definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa merek (brand) berperan sebagai daya pembeda dengan produk yang sejenis
maupun dengan produk yang berbeda jenis.
1.2.Pengertian Citra Merek (Brand Image)
Keterkaitan
konsumen pada suatu merek akan lebih kuat apabila ditandai pada banyak
pengalaman untuk mengkomunikasikannya sehingga akan terbentuk citra merek (brand image). Citra merek (brand image) yang baik akan mendorong
untuk meningkatkan volume penjualan. tetapi untuk lebih jelasnya beberapa ahli
mengemukakan pedapatnya mengenai brand
image.
Pendapat
Kotler & Keller (2007;340) mengenai brand
image yaitu, “brand image berhadapan
dengan properti ekstrinsik dari produk atau jasa termasuk cara merek tersebut
memenuhi kebutuhan sosial atau psikologis pelanggan”.
Sedangkan menurut Solihin (2005;19) ”brand image merupakan segala sesuatu
tentang merek suatu produk yang dipikirkan, dirasakan, dan divisualisasi oleh
konsumen”.
Dari pengertian di atas dapat ditarik
kesimpulan bahwa citra merek (brand image)
mewakili atau menggambarkan arti yang melekat dari sebuah merek dan dapat
timbul di benak konsumen dengan hanya menyebutkan brand image sebuah produk.
Sebuah brand (merek) membutuhkan image
(citra) untuk mengkomunikasikan kepada khalayak dalam hal ini pasar sasarannya
tentang nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Bagi perusahaan citra berarti
persepsi masyarakat terhadap jati diri perusahaan. Persepsi ini didasarkan pada
apa yang masyarakat ketahui atau kira tentang perusahaan yang bersangkutan.
Oleh karena itulah perusahaan yang memiliki bidang usaha yang sama belum tentu
memiliki citra yang sama pula dihadapan orang atau konsumen. Citra merek
menjadi salah satu pegangan bagi konsumen dalam mengambil keputusan penting.
Pada hakikatnya, merek (brand) mengidentifikasikan penjual dan pembeli. Menurut Kotler
(dalam Ogi Sulistian, 2011;31) tingkatan merek dibagi sebagai berikut:
1. Atribut
Setiap merek memiliki atribut. Atribut ini perlu
dikelola dan diciptakan agar pelanggan dapat mengetahui dengan pasti
atribut-atribut apa saja yang terkandung dalam suatu merek.
2. Kepribadian
Merek memiliki kepribadian, yaitu kepribadian para
penggunanya. Jadi diharapkan dengan menggunakan merekkepribadian si pengguna
akan tercermin bersamaan dengan merek yang ia gunakan.
3. Manfaat
Selain atribut merek juga memiliki serangkaian
manfaat. Konsumen tidak saja membeli atribut, namun konsumen juga membeli
manfaat.
1.3. Faktor-Faktor Yang Membentuk Citra Merek
Schiffman dan Kanuk
(Fajrianthi Zatul Farrah, 2005:285) menyebutkan faktor-faktor pembentuk citra
merek adalah sebagai berikut:
a.
Kualitas
atau mutu, berkaitan dengan kualitas produk barang yang ditawarkan oleh
produsen dengan merek tertentu.
b.
Dapat
dipercaya atau diandalkan, berkaitan dengan pendapat atau kesepakatan yang
dibentuk oleh masyarakat tentang suatu produk yang dikonsumsi.
c.
Kegunaan
atau manfaat, yang terkait dengan fungsi dari suatu produk barang yang bisa
dimanfaatkan oleh konsumen.
d.
Pelayanan,
yang berkaitan dengan tugas produsen dalam melayani konsumennya.
e.
Resiko,
berkaitan dengan besar kecilnya akibat atau untung dan rugi yang mungkin
dialami oleh konsumen.
f.
Harga,
yang dalam hal ini berkaitan dengan tinggi rendahnya atau banyak sedikitnya
jumlah uang yang dikeluarkan konsumen untuk mempengaruhi suatu produk, juga
dapat mempengaruhi citra jangka panjang.
g.
Citra
yang dimiliki oleh merek itu sendiri, yaitu berupa pandangan, kesepakatan dan
informasi yang berkaitan dengan suatu merek dari produk tertentu.
2. Tinjauan Tentang Volume Penjualan
2.1. Pengertian
Volume Penjualan
Perkembangan suatu usaha salah satu
faktornya adalah kemampuan suatu usaha tersebut untuk meningkatkan atau
mempertahankan volume penjualan atas
barang yang telah diproduksi. Oleh karena itu upaya untuk mempertahankan atau
meningkatkan volume penjualan dalam rangka menjaga kelangsungan hidup usaha
sangat penting.
Menurut Atep Adya Barata (1990:
167) yang mengemukakan bahwa:
Penjualan adalah salah satu proses kegiatan
penyerahan barang atau jasa berdasarkan harga yang telah disetujui oleh kedua
belah pihak yang terkait dalam kegiatan itu.
Dari pendapat diatas penulis dapat
menyimpulkan bahwa unsur-unsur yang melekat pada pengertian penjualan di atas,
antara lain:
Ø Adanya
proses interaksi antara penjual dan pembeli
Ø Terdapat
barang atau jasa
Ø Adanya
kesepakatan antara kedua belah pihak.
Selanjutnya menurut Drs. Basu
Swastha, DH. (1981:3) mengemukakan bahwa:
Penjualan adalah interaksi anatara individu saling
bertemu yang ditujukan untuk mempengaruhi orang lain, menciptakan, memperbaiki,
mengawasi atau mempertahankan hubungan yang saling
menguntungkan dengan pihak lain.
Dari pendapat di atas, maka penulis
dapat menjelaskan bahwa penjualan terjadi karena adanya hubungan secara
langsung antara pihak konsumen dengan pihak produsen yang mempunyai tujuan untuk
mempengaruhi orang lain, menciptakan, memperbaiki, mengawasi atau
mempertahankan hubungan pertukaran yang telah terjadi sehingga saling
menguntungkan kedua belah pihak.
Setelah diketahui pengertian
penjualan, maka penulis akan mengemukakan beberapa pengertian volume penjulan
dari para ahli.
Menurut Basu Swastha dan Irawan
(1982:150) mengemukakan bahwa:
Volume penjualan merupakan penjualan yang potensial
merupakan tingkat penjualan maksimal yang dapat dicapai oleh penjual.
Dari pendapat di atas maka penulis
dapat menjelaskan bahwa voleme penjualan adalah penjualan yang potensial yang
merupakan tingkat penjualan maksimal atas suatu barang yang dapat dicapai oleh
seorang penjual.
Menurut Dr. Winardi, SE. (1983:
303) mengemukakan bahwa:
Volume penjualan adalah besar kecilnya penjualan
dinyatakan dalam satuan uang terhadap jumlah produk yang dijual dalam satuan
unit.
Dari pendapat di atas maka penulis
dapat menjelaskan bahwa volume penjualan merupakan ukuran besar kecilnya
penjualan terhadap produk yang dijual dalam unit dinyatakan dalam satuan uang.
2.2. Faktor-faktor yang
mempengaruhi penjualan
Menurut Basu Swastha dan Irawan
(1982: 152) banyak faktor yang perlu diperhatikan agar volume penjualan yang
telah dicapai dapat dipertahankan atau ditingkatkan dalam rangka menjaga
kelangsungan hidup suatu usaha.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan adalah:
1.) Banyaknya
konsumen
Penjualan sutau produk sangat
dipengaruhi oleh banyak sedikit konsumen yang mengiginkan barang tersebut maka
volume penjualannya akan menjadi lebih besar.
2.) Harga
barang itu sendiri
Harga satu
barang sangat menentukan laku atau tidaknya di pasar. Konsumen dalam membeli
sebuah produk selalu pada seberapa besar atau tinggi harga produk itu.
3.) Rasa
dan referensi konsumen
Seorang konsumen dalam mengkonsumsi
barang selalu mengikuti keinginan hatinya. Namun bila ia belum menginginkannya
maka ia akan menundanya. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam upaya penjualan
suatu produk.
4,) Harga barang-barang lainnya
Hal ini sangat mempengaruhi
penjualan suatu produk yang akan dipasarkan. Bila penetapan harga lebih tinggi
dari harga barang-barang lainnya maka kemungkinan tidak laku akan lebih besar.
Jadi harga suatu produk baru harus sama dengan barang yang lainnya.
5.) Pendapatan
konsumen
Konsumen bila menginginkan suatu
barang ia akan mengukur terlebih dahulu pendapatan mereka. Apakah cukup untuk
memperoleh barang itu atau tidak. Jadi suatu barang yang hendaknya dilempar ke
pasar harus diperhitungkan tentang
pendapatan konsumen yang ada di pasar. Hal ini untuk menghindari apabila
kemungkinan tidak lakunya barang itu.
Sedangakan menurut Drs. Alex S.
Nitisemito (1981:213) volume penjualan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor
antara lain:
1) Faktor
yang bersifat intern
Faktor-faktor yang mempunyai sifat intern yaitu berasal
dari dalam perusahaan itu. Faktor ini sangat mempengaruhi volume penjualan
suatu barang.
Faktor-faktor
tersebut antara lain:
a. Tujuan
manajer
b. Modal
c. Mutu
dari produk yang dikeluarkan oleh perusahaan
d. Kondisi
organisasi perusahaan
2) Faktor
yang bersifat ekstern
Yaitu yang berasal dari luar kekuasaan perusahaan
antara lain:
a. Selera
konsumen
b. Kebutuhan
konsumen
c. Pendapatan
konsumen
d. Keadaan
geografis setempat,dll
Faktor
tersebut menentukan tinggi rendahnya volume penjualan.
B. KAITAN
ANTAR VARIABEL
1. Hubungan Citra Merek
dengan Volume Penjualan
Produk yang
dianggap paling sukses adalah produk yang mengalami siklus kehidupan dengan
beberapa tahapan jika produk belum diketahui oleh umum, titik berat suatu perusahaan adalah bagaimana cara memperkenalkan suatu
produknya agar semua konsumen mengetahui hasil produk tersebut.
Dalam hal ini promosi yang dilakukan dirujukkan untuk memberi tahu atau
mendorong calon pembeli untuk mencoba produknya.
Dengan
meningkatnya penjualan selama tahap pertumbuhan, titik berat beralih kepada
usaha untuk membuka saluran distribusi baru. Jika produk tersebut sudah
mencapai tahap kedewasaan, persaingan menjadi semakin ketat.
Perusahaan
harus memikirkan merek apa yang cocok untuk hasil produk agar para konsumen
selalu mengingat dan ingin mengkonsumsinya secara terus menerus.
Jika
produk-produk tersebut sudah tidak menguntungkan lagi, perusahaan harus
memutuskan apakah akan terus mempertahankan
merek yang dipakai oleh produk tersebut dan menggantikan
dengan merek produk lain yang
menguntungkan.
Jadi untuk
mencapai tingkat volume penjualan yang tinggi harus menggunakan suatu
merek produk yang menarik dan diminati konsumen.
Untuk lebih jelasnya penulis akan mengemukakan pendapat para ahli tentang pengaruh citra merek terhadap volume
penjualan.
Pendapat Kotler
& Keller (2007;340) mengenai brand
image yaitu, “brand image berhadapan
dengan properti ekstrinsik dari produk atau jasa termasuk cara merek tersebut
memenuhi kebutuhan sosial atau psikologis pelanggan”.
Dari pendapat di
atas, maka dapat penulis jelaskan bahwa citra
merek yang disandang oleh suatu produk yang menarik dan diminati konsumen
sangat diperlukan guna meningkatkan volume penjualan.
Kalau perusahaan
ingin mempunyai kedudukan yang dominan di pasar atau menguasai pasar yang luas,
maka harus memperhatikan segala sesuatu
yang harus dilakukan suatu perusahaan seperti menggunakan merek yang menarik
perhatian konsumen.
Hasil
produk yang menggunakan merek yang kurang diminati olehkonsumen dapat mengakibatkan
berkurangnya sebagian laba perusahaan, sehingga tingkat
keuntungan atau laba maksimumnya tidak dapat segera dicapai, sebaliknya bila
perusahaan menghendaki laba yang tinggi, maka penguasaan besar yang luas
dianggap kurang begitu penting.
Dari uraian di
atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa konsumen cenderung untuk melakukan
pembelian terhadap produk yang
memiliki citra merek yang baik dan positif serta citra merek yang baik dapat
lebih mudah diingat oleh konsumen dibandingkan dengan produk lain yang memiliki
citra merek kurang baik.
2. Penelitian Terdahulu
Penelitian
ini juga pernah di angkat sebagai topik penelitian oleh beberapa peneliti
sebelumnya. Maka peneliti juga diharuskan untuk mempelajari
penelitian-penelitian terdahulu atau sebelumnya yang dapat dijadikan sebagai
acuan bagi peneliti dalam melakukan penelitian ini.
Tabel
2.1 Penelitian Terdahulu
Nama
|
Judul
Penelitian
|
Variabel
yang digunakan
|
Keterangan
|
Rizki Nurafdal
Mustikarillah
(2011)
Nurul Rizki Fachira
(2012)
|
Pengaruh Brand Image Terhadap Pengambilan
Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush Pada PT. Hadji Kalla di Makassar
Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan
Pembelian Mobil Merek Pajero Sport Pada PT. Bosowa Berlian Motor
|
Brand
Image (X)
Keputusan Pembelian (Y)
Kualitas merek,
Loyalitas Merek, dan Asosiasi Merek (X)
Keputusan Pembelian
(Y)
|
metode regresi
sederhana untuk melihat pengaruh dari Brand
Image terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Toyota Rush
Berdasarkan
hasil analisis diketahui bahwa pengaruh dari Brand Image terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Toyota
Rush tergolong kuat dilihat dari nilai r = 0,780.
metode deskriptif
kuantitatif. analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil
penelitian menemukan bahwa secara simultan setelah diuji dengan uji-Fisher
(F) ditemukan bahwa brand image berupa kualitas merek, loyalitas merek
dan asosiasi merek signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil
Pajero Sport pada PT. Bosowa Berlian Motor Makassar.
|
C. KERANGKA
PIKIR DAN PARDIGMA
1. Kerangka Pikir
Kerangka Pikir adalah sistematik
berfikir sehingga seseorang mudah memahami atau mengerti permaslahan yang
dimaksud, untuk menentukan kerangka pikir dalam penelitian diperlukan dasar
teori yang akurat dari kajian pustaka.
Menurut Haris Mujiman (1990: 33)
menjelaskan: “kerangka pikir adalah merupakan hubungan kausal antara variabel
teortis untuk memberikan jawaban sementara terhadap masalah yang diteliti”.
Dari definisi di atas bahwa yang
dimaksud dengan kerangka pikir adalah konsep yang berupa pemikiran tentang
hubungan kausal dan variabel saling mempengaruhi.
Menurut Mujiman (dalam Lilik,
2007:18) bahwa “kerangka pikir merupakan suatu konsep yang berisikan hubungan
antara variabel bebas dan variabel terikat dalam memberikan jawaban terhadap
permasalahan yang terjadi”.
Dari pengertian di atas, maka
penulis dapat menjelaskan bahwa kerangka
pikir adalah konsep yang berisikan hubungan kasual antara variabel bebas dan
variabel terikat dalam rangka memberikan jawaban sementara terhadap masalah
yang akan diteliti, sehingga dapat menjelaskan masalah yang sedang diamati,
serta memperjelas gejala penelitian yang diteliti
Menurut Angga Surya Seputra N
(2007: 107) kerangka pikir adalah “kerangka pemikiran merupakan konsep yang
menjiwai untuk melakukan sesuatu penelitian dengan bagian-bagian pokok antara
lain: objek penelitian, variabel penelitian, dan pengaruh variabel”.
Dari pendapat diatas dapat
dijelaskankan bahwa kerangka pikir adalah suatu gambaran yang dapat menunjukkan
unsur-unsur tertentu serta keterkaitannya dengan variabel lainnya.
Dalam penelitian penulis meneliti citra merek sebagai variabel (X)
dan volume penjualan sebagai variabel (Y).
1.1.Kerangka Anggapan Dasar
Menurut Arikunto (1992:55) menyatakan “kerangka anggapan dasar atau postulat adalah sebuah titik tolak pemikiran
yang kebenarannya diterima penyelidik”.
Dari pendapat tersebut dapat
dijelaskan bahwa kerangka anggapan dasar merupakan titik tolak pemikiran yang kebenarannya
diterima peneliti atau penyelidik.
Kerangka
anggapa dasar adalah untuk memperjelas faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
volume penjualan. Adapun kerangka anggapan dasar dalam penelitian ini sebagai
berikut:
Gambar 1: Kerangka anggapan
dasar
(X) Citra Merek
X1 : Citra Pemakai
X2
: Kesan Profesional
X3
: Kesan Modern
X4 :
Populer/Terkenal
X4 Distribusi
|
Volume
penjualan (Y)
|
Dari gambar di atas, dapat
disimpulkan bahwa X, X1, X.2,
X.3, X.4 dapat mempengaruhi Y. Karena variabel-variabel X
dianggap paling dominan mempengaruhi Y yaitu volume penjualan, dimana variabel
itu dapat menentukan tinggi rendahnya volume penjualan.
1.2.
Kerangka Analitik
Kerangka
analitik merupakan pola pikir yang analitik guna mengetahui faktor yang
dianggap paling dominan variabel-variabel yang paling dekat yang berhubungan
dengan realibilitas yang lebih jelas peneliti gambarkan seperti berikut:
Gambar 2: kerangka Analitik.
X1
Y
|
X
|
X3
X4
Keterangan:
(X)
Citra Merek
X1 : Citra
pemakai
X2 : Kesan
profesional
X3
: Kesan modern
X4 : Populer/terkenal
(Y) Volume penjualan
Dari gambar di atas, maka
dapat disimpulkan bahwa X mempengaruhi Y.
2. Paradigma
Kerangka
paradigma adalah sebuah gambaran hubungan antara variabel dan peranan
masing-masing variabel dalam penelitian. Sehingga berdasarkan atas paradigma
tersebut, seseorang atau sekelompok orang dapat mengerti gejala yang
bersangkutan.
Sugiyono
(1999:36) mengemukakan sebagai berikut: “paradigma adalah pola penghubung
antara variabel yang diteliti”.
Berdasrkan paradigma dalam
penelitian ini dapat penulis gambarkan sebagai berikut:
Gambar 3: Paradigma
Citra Merek
(X)
|
Kesan Profesional
X2
|
Citra Pemakai
X1
|
Kesan Modern
X3
|
Populer/Terkenal
X4
|
Volume
Penjualan
(Y)
|
D. HIPOTESIS
Hipotesis merupakan jawaban
sementara tentang masalah penelitian yang perlu di uji kebenarannya. Menurut
Sudjana (1992:201) menyatakan hipotesis adalah asumsi atau dugaan mengenai
suatu hal yang di buat untuk menjelaskan hal-hal yang sering dituntut untuk melakukan
pengecekannya.
Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh antara citra merek terhadap volume
penjualan motor yamaha di dealer Lautan
Teduh, Bandar Jaya”.
BAB
III
METODE PENELITIAN
A.
Daerah
dan Waktu Penelitian
Penelitian
ini dilakukan di Dealer Lautan
Teduh, Bandar jaya pada tahun 2013 semester ganjil.
B.
Metode
Pengumpulan Data
Dalam penelitian menggunakan metode
pengumpulan data sebagai berikut :
1. Penelitian
Pustaka (Library Research), yaitu
pengumpulan data secara teoritis dengan cara menelaah berbagai buku literatur
dan bahan teori lainnya yang berkaitan dengan masalah yang dibahas.
2. Penelitian
lapang (Field Research), yaitu
pengumpulan data lapang dengan cara sebagai berikut :
a.
Observasi, yaitu
pengumpulan data yang dilakukan langsung ke
tempat penelitian dan mengumpulkan data yang diperlukan.
b.
Wawancara, yaitu
pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab dengan pimpinan dan karyawan perusahaan guna memperoleh keterangan
tentang data yang diperlukan.
c.
Eksperimen
C.
Jenis
dan Sumber Data
Jenis
dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Jenis data
a.
Data Kualitatif yaitu
data yang diperoleh dalam bentuk informasi, baik secara lisan maupun tulisan.
b.
Data Kuantitatif yaitu
data yang diperoleh dari perusahaan dalam bentuk angka-angka.
2.
Sumber
Data
a. Data
Primer
Data
primer adalah data yang langsung diperoleh dari obyeknya. Pada penelitian ini
data primer diperoleh dari hasil
pra survey
b. Data Skunder
Data
yang diperoleh berupa informasi tertulis dan dokumentasi serta laporan-laporan
pada Dealer Lautan Teduh di Bandar Jaya.
D.Populasi dan Sampel
1.
Populasi
Menurut
Sugiyono (2009;80), “Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari
objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan
peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya”. Populasi sasaran
dalam penelitian ini adalah semua jenis
motor yang ada di dealer lautan teduh.
2. Sampel
Sugiyono ( 2009;81), mengemukakan bahwa “
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi
tersebut ”. sampel yang dijadikan pada
penelitian ini adalah motor yamaha. Teknik
pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.
E. Metode
Analisis Data
1. Analisis Regresi Linear Sederhana
Analisis data yang penulis lakukan terhadap citra merek dan volume penjualan
yaitu dengan menggunakan rumus regresi linier dan rumus t hitung.
Menurut Sutrisno Hadi (1984: 267) mengemukakan bahwa rumus Regresi Linier
Sederhana adalah sebagai berikut:
Y = a + bx
Dimana:
a.
b.
Kemudian untuk menguji apakah ada pengaruh citra merek
terhadap volume penjualan, selanjutnya digunakan rumus t hitung yaitu:
Dimana
Sedangkan
Setelah diketahui t hitung, maka langkah selanjutnya
adalah membandingkan dengan t tabel, jika t hitung lebih besar dari t tabel
berarti hipotesis yang berbunyi:
“Ada pengaruh
antara citra merek terhadap volume
penjualan motor yamaha
di dealer Lautan Teduh, Bandar Jaya.
F. Pengukuran
Kemantapan Alat Pengumpul Data
1.
Uji Homogenitas
Homogenitas merupakan
suatu ukuran yang dapat digunakan untuk menentukan keragaman suatu data. Ada berbagai macam cara yang dapat
digunakan untuk menguji homogenitasuatu sampel. Diantaranya adalah dengan
menggunakan metode uji analisis explore dan uji analisis One-Way Anova.
Jika F hitung ˂ F tabel,
maka Ho diterima
Jika F hitung ˃ F tabel,
maka Ho ditolak
Atau
Jika nilai Sig ˃ , maka Ho diterima
Jika nilai Sig ˂ , maka Ho ditolak
2.
Pengujian Hipotesis
2.1.Pengujian secara parsial (Uji t)
Pengukuran ttes dimaksudkan untuk
mengetauhi apakah secara individu ada pengaruh antara variabel-variabel bebas
dengan variabel terikat. Pengujian secara parsial untuk setiap koefisien
regresi diuji untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara variabel bebas
dengan variabel terikat.
Pengujian setiap koefisien regresi dikatakan
signifikan bila nilai mutlak thit ˃ ttabel atau nilai
probabilitas signifikansi lebih kecil dari 0,05 (tingkat kepercayaan yang
dipilih) maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima, sebaliknya dikatakan tidak signifikan bila nilai thit <
ttabel atau nilai probabilitas signifikansi lebih besar dari 0,05
(tingkat kepercayaan yang dipilih) maka hipotesis nol (Ho) diterima dan
hipotesis alternatif (Ha) ditolak.
1. Analisis Koefisien Determinasi (R2)
Koefisien determinasi (R2)
dipergunakan untuk mengetahui sampai seberapa besar prosentase variasi variabel
bebas pada model dapat diterangkan oleh variabel terikat. Koefisien determinasi
(R2) dinyakan dalam prosentase. Nilai R2 ini berkisar
antara 0 < R2 < 1.
DAFTAR PUSTAKA
Sugiyono, Metode
Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2011.
Basrowi, Analisis
Data Penelitian dengan SPSS, Jendela Pustaka Utama, Surabaya, 2011.
Swastha, Basu DH, Irawan, Manajemen Pemasaran Modern.
Sugiyono,
2005. Memahami Penelitian Kwantitatif.
Bandung: CV Alfabet.
Kotler Philip, AB. Susanto, 2000. Manajemen
Pemasaran di Indonesia, Buku 2, Salemba
Empat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar